Wabah Covid-19 kini sudah berlangsung hampir keseluruh belahan dunia, termasuk Indonesia bencana ini memberikan pengaruh yang cukup terasa kepada masyarakat. Penyebaran wabah inipun sudah sampai ke beberapa pulau yang ada di Indonesia. Panda sebagai penyedia Sistem Informasi Desa memahami situasi kini dan ikut tanggap dalam menanggulanginya. Dengan menyediakan pelayanan khusus tanggap bencana, Panda membantu Desa-desa melalui website mereka menyediakan laman lapor.

Sebagai contoh, beberapa Desa yang sudah menggunakan teknologi seperti dermaji.desa.id, tenjolayar.desa.id, kalibagor.desa.id dan pangebatan.desa.id dalam website Desa masing-masing sudah ada layanan “Tanggap covid-19”. Sehingga banyak membantu Pemerintah Desa dalam memonitoring warganya yang kembali dari perantauan secara realtime. Berikut keuntungan lain dengan adanya tanggap bencana :

  • Penyebaran Informasi yang Valid

Bencana atau wabah seringkali terjadi tanpa direncanakan dan tanpa ada yang mengetahui. Seperti adanya wabah virus corona ini, website sebagai salah satu layanan masyaraka yang disedia oleh pemerintah Desa bisa menjadi sarana untuk mengtahui data penyebaran secara valid. Entah bencana atau kejadian apapun dengan adanya layanan lapor dalam website Desa menjadi wadah penyebaran informasi yang akurat dan anti hoax.

  • Kemudahan dalam pelaporan tanpa harus datang secara fisik

Dalam suasan genting ataupun kondisi yang tidak mendukung, seperti kondisi sekarang ini yang mengharuskan interaksi masyakarakat saling jaga jarak. Dengan adanya Panda menyediakan tanggap bencana mempermudah dan menyingkat waktu serta jaraka untuk lapor. Sehingga dalam situasi wabah corona ini para perantau yang hendak kembalik ke kampung cukup melaporkan diri melalui genggaman, dan datapun langsung diterima oleh pemerintah Desa sebagai gugus depan dalam penanganan Covid-19. Selain itu apabila ada masyarakat yang menunjukan gejala akan selalu dipantau perkembangannya tanpa banyak orang tahu.

  • Lebih mudah dalam menganalisa data

Sebagai sebuah Sistem Informasi berbasis teknologi Panda, pemerintah Desa memilki dan menyediakan data statistik yang akurat. Sehingga ini sangat membantu dalam melakukan pemetaan pada kelompok rentan yang mungkin terdampak sebab wabah seperti sekarang ini. Oleh karena itu apabila mau mengadakan tes dengan data yang tersedi, orang-orang yang cukup rentan terkena maka bisa untuk diutamakan atau didahulukan. Begitupun ketika bencana lain melanda, dengan data yang ada, pemerintah Desa bisa memberikan bantuan kepada orang yang lebih membutuhkan.

  • Pelaporan ke tingkat Dinas atau pemerintah di atasnya lebih mudah

Untuk menanggulangi bencana atau wabah covid-19 seperti sekarang ini, laporan menjadi sesuatu hal yang vital untuk sebuah penanganan kebijakan. Oleh karena itu dengan adanya website Desa tanggap bencana atau tangga wabah Covid-19 ini, pemerintah akan sangat dimudahkan untuk meneruskan laporan yang telah terhimpun dalam spreadsheet. Hal tersebut selain menjadikan laporan rapi, laporan yang diberikan juga cepat didistribusikan kepada kecamatan, puskesmas atau dinas yang lainnya yang membutuhkan.

  • Panda menyediakan layanan persuratan online

 Dalam kondisi yang serba terbatas ini pemerintah Desa untuk tetap memberikan layanan yang maksimal kepada warganya. Salah satu layanan yang diberikan melalui daring adalah layanan surat menyurat. Guna melaksanakan social phisycal distancing seperti sekarang ini, Panda melalui website Desa menyediakan pelayanan surat secara online. Hal tersebut bertujuan untuk tetap telaksananya pemberian pelayanan kepada masyarakat meski kondisi tidak mendukung. Sehingga pelayanan yang diberikan serta didapatkan cukup lewat genggaman saja.

  • Update berita terbaru menggunakan android

Dengan kecanggihan teknologi Panda, mengakses kabar ataupun memberikan berita baru, cukup menggunakan android. Dengan menggunakan aplikasi wordpress Desa dengan mudah menceritakan segala kejadian kepada dunia. Sehingga masyarakat Desa pun bisa tahu berkembangan serta berita terkini tentang situasi dan kondisi di Desanya.

  • Layanan dapat dilakukan di mana saja

Tersedianya Sistem Informasi Desa menjadikan memberikan layanan dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Dengan panda SID pelayanan tidak hanya aktif saat jam kerja saja. Akan tetapi bisa dilakukan diluar jam kerja, dan dalam situasi yang mengharuskan menjaga jarak seperti sekarang ini, layanan dapat diakses dan diberikan.

  • Penggunaan basis data terpadu dalam merumuskan kebijakan

Data-data yang telah diinput dalam Panda SID, mendukung dan memudahkan pemerintah Desa dalam menentukan kebijakan. Sehingga bisa lebih tepat guna dan tepat sasaran. Sebagai contoh korban-korban bencana mana saja yang lebih membutuhkan bantuan, dilihat dari data yang ada, sehingga menentuan kebijakan pun tidak asal-asal akan tetapi sesuai dengan data.

Itulah segala kemudahan yang Panda berikan kepada Desa untuk pemaksimalan penggunaan website Desa. Sehingga website Desa yang telah ada bisa digunakan dan dimanfaatkan secara maksimal oleh seluruh warga Desa. Karena kemajuan Desa adalah harapan kita bersama. Dari Desa untuk Indonesia.