Website sebagai sistem infomasi berbasis perangkat software, menghadirkan aplikasi untuk memberikan kemudahan terhadap masyarakat publik. Dengan letak demografi kawasan Indonesia yang sangat luas mulai dari wilayah pedesaan, kelurahan, kabupaten, daerah hingga perkotaan. Hal tersebut akan sangat sulit digabungkan jika tidak ada perancangan sistem infomasi berbasis teknologi jaringan untuk mempersatukan.

Puskomedia sebagai perusahaan perangkat lunak, menyediakan jenis layanan domain dan hosting juga menawarkan jasa pembuatan aplikasi serta website. Bertahun-tahun pengembangan terus dilakukan, dengan kerja keras akhirnya Puskomedia menghadirkan teknologi Panda SID (Sistem Informasi Desa). Panda hadir dengan menggunakan domain desa.id, teknologi ini diciptakan dengan fasilitas terbaik dan bermacam manfaat.

Karena berbasis pada teknologi Sistem Informasi Desa, Panda memiliki fitur yang dibutuhkan untuk mengelola data administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran dan masih banyak lagi, yang pastinya akan sangat membantu manajemen pemerintah desa. Teknologi ini dirancang dengan simpel dan cerdas serta di desain untuk memudahkan penggunanya.

Dalam kerjanya Panda bekerjasama dengan kominfo dan Pandi.id untuk berkomitmen bersama dalam optimalisasi desa.id. Sesuai dengan permendesa dan UU Desa, Panda dirancang untuk melakukan integrasi data satu sama lain, data penduduk dan pengelolaan keuangan desa yang dianggarkan dalam APBDes semua bisa ditunjukan dan paparkan secara lengkap dalam teknologi Panda.

Dengan teknologi menjadi solusi

Teknologi Panda menjadi solusi untuk desa yang lebih berdaya

Hampir di seluruh belahan dunia perkembangan teknologi internet dan sistem informasi tumbuh semakin pesat dan canggih. Semakin banyak negara-negara serta daerah yang sebelumnya sulit untuk diakses kini bisa dengan mudah tersambung. Indonesia sebagai negara dengan jumlah penduduk terbanyak ke 4 di dunia, dan pengguna internet yang mencapai 150 juta dan aktif juga menjadi pengguna aktif sosial media data dari hootsuite 2019. Data tersebut mengalahkan Jepang di peringkat ke-5 yang pertumbuhan penggunanya lebih lambat.

Segala kemudahan akses informasi, ditambah pengguna internet yang sangat banyak dan pertumbuhan teknologi yang semakin canggih, selayaknya untuk bisa dimanfaatkan secara optimal. Idealnya segala kemudahan tersebut bisa digunakan secara merata oleh seluruh lini masyarakat, mulai dari perangkat pemerintah dan pelayanan publik, dari tingkat kabupaten hingga ke desa-desa. Fasilitas akan sistem informasi serta teknologi yang tersedia menjadi tolak ukur kemajuan kualitas warga, dan menjadi salah satu faktor dalam hal pengambilan keputusan dan kebijakan di sistem pelayanan publik. 

Panda sebagai anak dari Puskomedia, teknologi ini menjadi solusi dari segala masalah anda, berikut manfaat dari Panda. Panda sebagai sistem terintegrasi dapat menjadi role model dan standar pelaksanaan urusan Pemerintah serta perencanaan pembangunan di tingkat desa dan kelurahan serta lembaga lainnya. Panda menjadi wadah untuk pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan serta pelayanan publik di desa dan kelurahan dimana penyajian data yang dihasilkan lebih efisien, akuntabel, transparan serta mudah diakses oleh semua pihak baik masyarakat umum maupun pemangku kebijakan.

Panda sangat membantu upaya percepatan dan optimalisasi pembangunan desa serta kelurahan. Panda menyediakan tampilan website online untuk memperkenalkan Profil Desa kepada seluruh masyarakat Indonesia bahkan kepelosok dunia. Selain itu Panda juga menyediakan platform website online untuk memperkenalkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) agar Desa semakin berdaya dengan kekayaan SDA yang dimilikinya, sehingga menjadikan Desa lebih mandiri dan sejahtera.

Sebagai sebuah perusahaan yang selalu berupaya untuk berinovasi di bidang teknologi. PT Puskomedia Indonesia Kreatif percaya bahwa pada dasarnya akses internet dan sistem informasi adalah hak semua masyarakat, termasuk di desa-desa di seluruh Indonesia. Panda adalah solusi terbaik sistem informasi untuk pemerintahan desa dalam memberikan pelayanan publik yang lebih baik. Karena perubahan besar berawal dari Desa.

By: Mella el maula