Sistem Informasi Desa (SID) merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86.

Undang-Undang Desa tentang Sistem Informasi Desa

Sistem Informasi Desa adalah bagian tak terpisahkan dalam implementasi Undang-Undang Desa. Dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan jelas disebutkan bahwa desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten atau Kota.

Bagian Ketiga

Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan

Pasal 86

  1. Desa berhak mendapatkan akses informasi melalui sistem informasi Desa yang dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota.
  2. Pemerintah dan Pemerintah Daerah wajib mengembangkan sistem informasi Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  3. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia.
  4. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) meliputi data Desa, data Pembangunan Desa, Kawasan Perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan Desa dan pembangunan Kawasan Perdesaan.
  5. Sistem informasi Desa sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikelola oleh Pemerintah Desa dan dapat diakses oleh masyarakat Desa dan semua pemangku kepentingan.
  6. Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota menyediakan informasi perencanaan pembangunan Kabupaten/Kota untuk Desa.

Sumber : UU 6 Tahun 2014 Tentang Desa

Peran dan Manfaat Aplikasi Sistem Informasi Desa

Aplikasi Sistem Informasi Desa digunakan untuk membantu kinerja Pemerintah Desa sehingga dapat lebih efisien dalam pengelolaan administrasi dan data desa. Berikut ini dijelaskan secara singkat beberapa manfaat SID menurut pengertian di atas :

1. Mempercepat Pengelolaan Data Desa

Pengelolaan data desa seperti data kependudukan, sarana & prasarana, anggaran desa, dan lain sebagainya dapat dilakukan dengan cepat dan akurat.

Selain cepat dan mudah, dengan menggunakan aplikasi SID data desa dapat disimpan dengan aman didalam sistem dan lebih mudah dalam pencarian data menggunakan fitur pencarian yang disediakan aplikasi.

2. Mempercepat Pelayanan Desa

Pelayanan administrasi desa konvensional sangat menyita waktu. Aplikasi SID yang dibangun dengan baik dapat mempercepat waktu pelayanan desa.

3. Memanfaatkan Data Desa

Desa dapat memanfaatkan data yang terdapat dalam sistem untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik, keterbukaan informasi publik, perencanaan dan pembangunan ditingkat desa, perencanaan dan pembangunan ditingkat kabupaten/kawasan, serta pengelolaan sumber daya desa secara mandiri oleh komunitas/warga desa.

4. Transparasi Pemerintah Desa

Pemerintah Desa dapat melaksanakan kewajiban transparasi desa dengan memanfaatkan website desa yang terintegrasi dengan aplikasi SID sebagai media keterbukaan informasi desa. Warga juga dapat ikut memantau informasi yang desa umumkan melalui website resmi desa.

Mengenal Panda SID

Panda merupakan salah satu cita-cita kami mewujudkan Indonesia yang lebih baik. PuskoMedia Indonesia berpengalaman selama 8 tahun mendampingi desa di berbagai pelosok Indonesia. Bersama Gedhe Foundation kami membantu banyak desa menuju keterbukaan informasi.

Desa sebagai ujung tombak pelayanan pemerintahan sangat strategis untuk menjalankan amanat Undang-Undang No 6 Tahun 2014 tentang Desa. Menyadari hal tersebut, lahirlah Panda sebagai salah satu aplikasi untuk membantu pelayanan masyarakat agar lebih baik.

Fitur Panda 

Panda memiliki fitur yang dibutuhkan untuk mengelola data administrasi, kependudukan, pelayanan publik, anggaran dan masih banyak lagi.

Aplikasi Data Kependudukan

Pengelolaan data kependudukan menggunakan teknologi Panda dapat dilakukan secara cepat dan efektif. Aplikasi data kependudukan Panda dikembangan untuk dapat mengelola :

  • Data Keluarga
  • Data Penduduk
  • Rekam Peristiwa
  • Pecah KK

Aplikasi Layanan dan Administrasi Persuratan

  • Kelola dan buat administrasi surat dengan hanya beberapa klik. Administrasi persuratan desa dapat dengan mudah diarsipkan dengan rapih dan mudah dicari.
  • Inventaris sarana dan prasarana di desa Anda. Inventaris yang rapih dapat memudahkan untuk proses pembangunan jangka pendek maupun jangka panjang.

Aplikasi Pemerintahan Desa

  • Kelola kas umum desa dengan cepat dan dokumentasikan berbagai jenis keuangan desa dengan baik.
  • Inventaris kekayaan pemerintah desa dengan baik. Gunakan fitur ini untuk mendata semua aset desa dan perbarui data secara berkala.
  • Kelola data pertanahan warga secara baik. Gunakan fitur pertanahan untuk mendata semua data kepemilikan, perijinan, jenis lahan dan lain sebagainya. Manfaatkan fitur pertanahan untuk mengelola pertanahan desa dengan cara yang efektif dan efisien.

Aplikasi APBDes

  • Rekam informasi anggaran dana desa secara rinci dengan menggunakan aplikasi Panda. Rekam pendapatan asli desa, pendapatan transfer dan pendapatan lainnya.
  • Laporkan realisasi anggaran dengan menggunakan aplikasi Panda. Laporkan struktur keuangan desa untuk transparansi anggaran. Manfaatkan fitur untuk merinci semua anggaran dana desa secara rapih dan terstruktur.
  • Berikan akses informasi penggunaan dana desa kepada warga dan pejabat pengawasan setempat. Gunakan aplikasi Panda untuk melakukan olah data secara cepat.

Statistik

Dapatkan data statistik dari semua data yang telah diinput. Tampilkan statistik untuk mendukung laporan dan transparansi pelaksanaan kegiatan desa dan kabupaten.

  • Statistik kependudukan
  • Statistik pendidikan
  • Statistik kesehatan
  • Statistik APBDesa
  • Statistik lahan
  • Statistik administrasi
  • Statistik sarana & prasarana

Jangan ragu untuk menghubungi kami