Study Kasus Penerapan Panda di Kabupaten

Study kasus di tiap daerah bagaimana cara kami membantu setiap desa di kabupaten yang sudah menggunakan Panda sebagai sistem informasi desa yang handal.

Kabupaten Cilacap

Jawa Tengah

Kabupaten Cilacap merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa tengah. Memiliki total 269 desa dan 15 kelurahan.

Panda bertransformasi menjadi Simba (Sistem Informasi Bangga Mbangun Desa), sesuai dengan kearifan lokal yang berada di Kabupaten Cilacap. 

Simba melakukan integrasi data desa, kelurahan, kecamatan, dan kabupaten. 

 

Kabupaten Dharmasraya

Sumatera Barat

Dharmasraya merupakan salah satu kabupaten di Sumatera Barat yang memiliki 52 Nagari (desa). Penerapan Panda di Kabupaten ini merupakan kebijakan Bupati untuk menjalankan amanah UU Desa

Panda (Sistem informasi Nagari – SINAR) yang digunakan Pemkab Dharmasraya diadopsi dari konsep pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi Gerakan Desa Membangun (GDM) yang diperoleh melalui kunjungan resmi di Bappeda dan Desa Dermaji, Kabupaten Banyumas awal tahun 2017.

Program tersebut dijalankan oleh Kelompok Kerja (Pokja) SINAR yang dibentuk berdasarkan SK Bupati Dharmasraya. Bersama Tim Pokja SINAR, PuskoMedia Indonesia dipercaya mengimplementasikan program ini selama lebih dari 3 (tiga) bulan di 52 Nagari (Desa), 11 Kecamatan di Kab. Dharmasraya, pada September-Desember 2017 lalu. Selengkapnya

Implementasi program SINAR Dharmasraya bersama tim PuskoMedia Indonesia telah mewujudkan salah satu agenda pembangunan penting di Kabupaten Dharmasraya, yakni membangun data dan informasi berbasis Nagari (Desa).

Sutan Riska Tuanku Kerajaan, SE

Bupati Dharmasraya

Dapatkan Penawaran Menarik!

Khusus untuk pemerintah desa berkesempatan mendapat penawaran menarik untuk setiap pendaftaran website desa dan PANDA SID.

atau hubungi Call Center +62 811-2617-445

Kami ada di komunitas telegram pengguna Panda SID. bergabunglah bersama kami.

Anda Developer/ Relawan TIK/ Pendamping Desa/ sedang memperjuangkan desa?