Semakin merebaknya penyedia layanan Sistem Informasi Desa, semakin banyak pula orang untuk menerapkannya. Masyarakat khususnya warga Desa dituntut untuk mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju. Sistem Informasi Desa (SID) menjadi sarana yang harus disediakan oleh para pemerintah Desa. Kebanyakan dari kita pastinya akan dibingungkan,  untuk memilih manakah penyedia layanan SID yang kompeten serta terpercaya.

Puskomedia sebagai salah satu perusahaan swasta yang sudah mendampingi desa selama kurang lebih tujuh tahun. Memahami betul apa yang dibutuhkan oleh Desa. Dengan produknya berupa teknologi Panda SID, Pusko sudah melakukan riset dan uji coba untuk menemukan formula yang tepat agar SID bisa optimal.

Dari hasil uji coba serta advokasi ke beberapa Desa mitra Puskomedia, ditemukan beberapa problem. Dari  kasus serta laporan Desa, ditemukan bahwa masih cukup banyak para penyedia layanan SID yang hanya mendampingi di awal lalu ditinggal di tengah perjalanan. Berikut kasus atau kendala yang sering muncul jika anda salah memilih mitra pelayanan Sistem Informasi Desa (SID).

Programer kabur alias tidak bertanggung jawab

Salah satu kasus yang sering terjadi adalah kaburnya programer website ataupun penyedia SID, sehingga desa yang yang sudah berjalan dalam menerapkan SID, ketika menemui kesulitan atau trouble akan kebingungan dan kemungkinan besar website atau SID nya akan mangkrak.

Harga Mahal

Karena infomasi tentang SID ini masih terbatas, otomatis banyak orang yang belum mengetahui secara menyeluruh apa dan bagaimana Sistem Informasi Desa. Hal tersebut sering kali disalah gunakan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Dengan menggunakan kepolosan masyarakat yang tidak tahu, mereka memanfaatkan hal tersebut untuk meningkatkan nominal harga. Dan ini terjadi dibeberapa desa.

Data Tidak Aman

Seperti yang sudah diberlakukan dalam Undang-undang, bahwasannya data masyarakat maupun pemerintahan harus disimpan di Indonesia. Maka pengguna website atau SID harus benar-benar waspada dalam  memilih peneyedia layanan. Salah-salah nanti data yang tersimpan disalah gunakan dan tidak aman.

Website Rusak atau Eror dibiarkan

Karena tidak memiliki kompetensi standar dalam pelayanan, maka jika salah memilih penyedia SID yang abal-abal, imbasnya pada pelayanan yang buruk. Website yang eror atau rusak akan dibiarkan saja tanpa ada penangan serta pembenahan untuk pengoptimalan pengoperasian website dan SID.

Arahan yang Tidak Jelas

Alur pembuatan hingga pengaplikasian website ataupun Sistem Informasi Desa, harus melalui proses yang cukup lama dan penuh ketelitian. Maka penyedia layanan harus memiliki format arahan yang cukup jelas agar dapat dipahami. Seringkali proses pembuatan website atau SID mengalami kemandegan, karena arahan yang diberikan tidak jelas. Sehingga website yang dibuat tidak jadi maksimal. Padahal disisi lain sudah keluar tenaga dan harga.

Panda menjadi solusi

Oleh karena itu masyarakat umum, khusunya pemerintah Desa ataupun simpatisan membangun Desa. Harus jeli dan selektif dalam memilih penyedia layanan website serta Sistem Infromasi Desa. Karena hal tersebut akan sangat berpengaruh, niat hati ingin memajukan Desa agar lebih melek teknologi, namun yang ada malah dibohongi.

Oleh sebab itu Puskomedia sebagai perusahaan yang menciptakan teknologi Panda, bertekad akan memberi service dan pendampingan secara maksimal. Sebagai perusahaan yang sudah mendampingi Desa selama tujuh tahun, Puskomedia selalu berkomitmen untuk memajukan perkembangan teknologi masayarakat. Dengan Panda SID problem serta segala keluhan yang penulis sebutkan diatas, tidak akan terjadi dan akan selalu Panda dampingi. Karena membangun Desa adalah cita-cita bersama mewujudkan society 5.0, menuju masa depan baru Indonesia, karena perubahan besar bermula dari Desa. Dari Desa untuk Indonesia.