Sistem Informasi Desa merupakan seperangkat alat meliputi fasilitas perangkat keras dan perangkat lunak, jaringan, serta sumber daya manusia yang dikelola oleh Pemerintah Desa untuk mendukung pengelolaan dan pemanfaatan data desa yang diatur dalam bagian ketiga UU Desa Pasal 86.

Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Cilacap bersama PT Puskomedia Indonesia Kreatif dan Komunitas Pengguna Linux Banyumas menyelenggarakan sosialiasi sistem informasi desa tanggal 12-13 juni 2019 yang dihadiri oleh 284 perangkat desa di kabupaten Cilacap.

SIMBA (Sistem Informasi Mbangun Desa) adalah Sistem Informasi Desa yang bekerjasama dengan Panda SID yang akan menjadi pelopor smart society di Indonesia.

Sosialisasi SIMBA Kabupaten Cilacap

Kabid Pengembangan Informatika Kominfo Kabupaten Cilacap Chairil Taufan, S.T. menuturkan akan bekerja sama dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Cilacap agar nantinya desa dapat lebih mudah dan valid untuk mengelola data kependudukan.

Sementara itu, direktur PT Puskomedia Indonesia Kreatif Akbar Bahaulloh menyatakan komitmen untuk mengembangkan SIMBA menjadi aplikasi smart society yang saling terintegrasi.