Menjelang tahun 2022, Panda memiliki empat fitur baru sebagai penunjang, fitur baru tersebut yaitu :

1. JDIH

Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum atau kepanjangan dari JDIH merupakan suatu sistem pemanfaatan bersama peraturan perundang-undangan serta bahan dokumentasi lainnya secara teratur, terpadu, dan berkesinambungan serta merupakan sarana pemberian layanan informasi hukum secara mudah, cepat, dan akurat.

Fitur JDIH dapat diakses di menu Pemerintahan > Manajemen Dokumen. Menu ini dapat menampung segala dokumen dengan tipe PDF, XLS, XLSX, DOC, dan DOCX. Dengan adanya fitur ini, Desa jadi lebih mudah dalam melakukan transparansi publik, karena  dokumen tersimpan langsung di Panda, tidak memerlukan alat bantu tambahan seperti Google Drive, Slideshare, dan Scribd.

2. Meotify

Meotify adalah sebuah whatsapp gateway yang berfungsi untuk menyebarkan informasi kepada warga desa. Penyebaran informasi ini dapat dilakukan dengan memilih penerima sesuai kebutuhan. Misalkan mengirim pesan kepada laki-laki saja, perempuan saja, janda/duda, sesuai dengan umur, sesuai jenis pekerjaan juga bisa atau yang lainnya. Tentunya aplikasi ini dapat mempermudah perangkat desa dalam penyebaran informasi penting kepada warga desa.

Meotify adalah kunci penting dalam melakukan transparansi dan publikasi di desa. Karena kalau desa melakukan pemberitaan hanya dengan menggunakan media sosial, yang lihat hanya beberapa orang saja, tetapi dengan meotify bisa terkirim hingga ratusan bahkan ribuan warga dengan mudah.

Fitur  meotify saat ini dalam pengujian terbatas, saat ini hanya diberikan kepada 10 Desa atau Kelurahan yang telah memasukkan kontak penduduk lebih dari 1.000 kontak. Apabila Desa Anda salah satunya, silakan menghubungi kami 🙂

Baca Juga : Tips Mengisi Konten Website Desa

3. Panda Mobile

Panda Mobile merupakan modifikasi dari WordPress Mobile. Sehingga tidak jauh beda penggunaannya, hanya saja telah dibuat lebih simpel dan mudah. Aplikasi ini dapat mempermudah pengguna umum dan perangkat desa dalam memposting sebuah konten artikel website desa sehingga dapat mempersingkat waktu dalam memposting artikel.

Panda Mobile memungkinkan desa untuk mengupdate berita kegiatan yang ada dengan secara cepat, karena kemudahan Panda Mobile dalam penggunaan.

Apabila Anda ingin mengunduh Panda Mobile, silakan ketikkan kata pencarian “Panda Mobile” di aplikasi Play Store Anda, atau dengan menekan tombol di bawah ini:

Download Panda Mobile Download Panduan pdf

4. Layanan Surat Versi 3

Setelah pengembangan sekian lama, Puskomedia berhasil memodifikasi fitur layanan administrasi. Kini, desa selain bisa mengubah isi format suratnya, sekarang juga bisa untuk menambahkan jenis suratnya sesuka hati. Tidak perlu keahlian coding pemrograman khusus, desa bisa menambahkan jenis suratnya sendiri.

Fitur ini juga menjadi tonggak baru bagi Panda dalam mendorong digitalisasi desa, untuk itu fitur ini masuk ke dalam versi 3.0.0 dari versi sebelumnya yaitu versi 2.10.0. Pastikan Anda untuk mengunjungi laman catatan perubahan untuk mengetahui lebih detail tentang fitur terbaru.

Catatan Perubahan Panda

Selain itu, dalam versi terbaru ini, telah dihadirkan fitur Bank Surat. Fitur ini berguna untuk berbagi format surat bagi sesama desa-desa di seluruh Indonesia. Dalam situs ini dibagikan tempate format surat yang sudah diedit oleh desa beserta template form suratnya. Silakan klik tombol di bawah ini untuk menuju situs bank surat:

Bank Surat

Apa saja perkembangan layanan administrasi:

Berikut ini kami sajikan sejarah perkembangan fitur format surat di desa:

Layanan Surat Versi 1 (sudah ditinggalkan)
Pada layanan ini setiap ada penambahan surat harus puskomedia sendiri yang menambahkan formatnya, desa tidak bisa custom jenisnya.

Layanan Surat Versi 2 (sudah ditinggalkan)
Pada versi kali ini, mulai diperkenalkan fitur custom surat menggunakan dokumen Word. Desa dapat mengubah dan menyesuaikan isi format sesuka hati tetapi tidak dapat menambahkan jenis suratnya.

Layanan Surat Versi 3 (saat ini digunakan)
Pada versi kali ini, merupakan penyempurnaan dari versi 2. Desa dapat mengubah dan menyesuaikan isi format sesuka hati dan juga bisa menambahkan jenis suratnya. Kemudahan fitur ini membuat desa tidak mengalami ketergantungan dengan Puskomedia jika ingin menambahkan format suratnya sendiri.

Layanan Surat Versi 4 (dalam pengembangan)
Fitur terakhir yang sedang dikembangkan adalah esurat. Keunggulan dari versi ini adalah tersedia tanda tangan elektronik untuk semua jenis dokumen. Fitur ini nanti akan berjalan beriringan dengan surat versi 3, karena tidak semua desa siap dalam penerapan tanda tangan elektronik nantinya.

4 Fitur tersebut di atas, bukanlah akhir. Karena kami dari puskomedia selaku unit dari Perushaan Holding Bumdes Bersama Banyumas, telah mendapat mandat untuk membuat Desa Berdaya, Berdana, dan Bergaya. Jadi, tetap bersama Panda dan bersama Puskomedia.

Seluruh Kru Divisi Aplikasi Puskomedia berfoto bersama untuk memperingat ulang tahun Desa Membangun yang ke 10

Salam Desa Membangun
Salam Big Data Desa

Bergabung Grup Telegram Panda Bergabung grup facebook Panda

 

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements