Penasaran ingin tahu seberapa popular mengunjungi situs Website anda? Berikut adalah beberapa tools yang dapat digunakan untuk memverifikasi informasi atau peringkat:

1. Alexa Rank

Merupakan tool yang bisa meberikan informasi di situs website dan memiliki pringkat yang bagus di mesin pencarian dalam menjalankan bisnis. Dengan Alexa rank, kamu bisa mengetahui apakah situsmu sudah cukup baik, biasanya dari aspek search engine optimization (SEO).

Langkah-langkah :
a. Langkah pertama adalah mengunjungi situs Alexa

Alexa

b. Setelah membuka situs Alexa, langkah selanjutnya memasukan domain situs yang ingin cek ranking-nya pada Browser Top Sites kemudian klik tombol find. Dalam waktu singkat informasi tentang yang Anda cari dapat segera ditemukan. Di bawah ini Anda dapat melihat contoh untuk mengetahui peringkat yang diperoleh di situs web kami.

c. Dalam waktu singkat, informasi yang Anda cari dapat segera ditemukan. Berikut ini Anda dapat melihat contoh untuk mengetahui peringkat yang diperoleh pada situs web kami.

iformasi situs
d. Anda akan melihat Keyword Opportunity. Ini adalah frasa yang paling banyak dicari di situs Anda. Keyword ini terbagi kedalam beberapa jenis yaitu keyword Gaps, Easy to, Rnk Keywords, Buyer keywords, Optimization Opportunities.

Keyword Opportunity

Baca juga : Branding Desa Melalui Media Sosial dan Website Desa

e. Setelah melihat beberapa jenis keyword Opportunity, kalian juga akan melihat Data Analysis dari Kompetitor (lawan) pada bidang yang sama.

keyword Opportunity

keyword Opportunity

f. Audience Analysis merupakan sebuah perangking dalam pencarian website. Ada banyak informasi yang bisa Anda dapatkan pada bagian ini sebagai landasan dasar untuk mengetahui pesona dari user yang mengunjungi website Anda.

Audience Analysis

2. PageSpeed Insight

Google PageSpeed Insight (PSI) adalah tools yang akan melaporkan kecepatan loading halaman web di perangkat mobile dan desktop, dan memberikan saran tentang cara meningkatkan kecepatannya tersebut. Google PSI bisa memberikan analisis yang lebih lengkap serta lebih akurat. Selain itu, kalian bisa mebuka halaman website Google PageSpeed Insight dengan mudah saat melakukan pengecekan perfoma pada website.
Berikut ini adalah penjelasan bagaimana PSI atau Anda dapat memberitahu langkah-langkah untuk menjalankan PageSpeed ​​Insight.
1. Langkah pertama, kalian mencari website PageSpeed Insight.

kalian mencari website PageSpeed Insight

2. Setelah kalian membuka website Google PageSpeed Insight, langkah selanjutnya ketik alamat website yang kalian inginkan atau yang ingin kalian cari pada colom yang ada di Google PageSpeed Insight tersebut.

website Google PageSpeed Insight

3. Dalam waktu yang singkat, tampilan akan memuat analisis dan informasi pada website anda.

kecepatan lading website

Pada google akan menilai kecepatan lading website Anda menggunakan skala persen. Skala persen yang menampilkan nilai mulai dari 0 sampai dengan 100%. Nilai 0 sampai dengan 49% menunjukan website Anda lambat. Sedangkan 50% sampai 89% menunjukan bahwa kecepata website sudah mencapai rata-rata. Yang terakhir yaitu nilai 90% sampai dengan 100% menandakan website Anda cepat.
Pada scan gambar di atas, google on panda.id hanya mendapat nilai 49% yang membuat kecepatan website panda.id menjadi lambat.

Selain analisis kecepatan web umum PSI juga menawarkan berbagai analisis yang dibagi 6, yaitu data lapangan, ringkasan data dari laboratorium peluang, diagnostik, dan audit yang berhasil. Berikut ada penjelasan dari salah satu analisis tersebut.
– Lab Data

Lab Data

a. First Contentful Paint adalah waktu di mana gambar atau teks pertama muncul
b. Speed Index adalah penunjukan seberapa cepat isi halaman terlihat jelas. Semakin rendah nilainya itu akan semakin bagus.
c. Time to Interactive adalah waktu pertama yang menunjukan halaman interaktif secara penuh.
d. First Meaningful Pain adalah waktu pengukuran kapan konten utema dari sebuah halaman mucul.
e. First CPU Idle menandakan waktu pertama di mana sebuah halaman pengunjung bisa melakukan input.

– Opportunities (Peluang) adalah faktor lar yang berkontribusi pada kesuksesan usaha, seperti kehadiran acara atau fenomena yang dapat menjadi kesempatan promosi.

kecepatan website

Opportunities (Peluang) pada gambar di atas menunjukan apa saja langkah optimasi yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan kecepatan website.

 

3. SEMRush

SEMRush merupakan tools SEO yang dapat berfungsi untuk melakukan keyword research, melacak strategi keyword yang terpasang oleh competitor, menjalankan audit SEO website, mencari peluang backlink, dan sebagainya juga dapat digunakan untuk optimasi SEO dan mengecek popularitas rangking pada website. Misalnya, menghitung pay-per-click (PPC), analisis campaign media sosial, hinga content marketing campaign.

Melalui tools ini, kamu dapat melihat dan memantau website kamu, seperti berikut :
  • Organic search domains
  • Paid search traffic
  • Backlink
  • Keywords
  • Ads
  • Referring domains
  • Landing page
  • Anchor link
Langkah-langkah :
  1. Pertama kunjungi situs SEMRush
  2. Untuk memulai analisis sebuah domain klik “Domain Overview”. Kemudian masukkan domain yang akan dianalisis , misalnya Panda dan klik “Search”.

Semrush

  1. Dalam beberapa saat halaman akan memuat informasi website. Halaman memuat banyak data di empat aspek keberadaan online website anda :
  • Organic Search Traffic merupakan lalu lintas pengunjung yang masuk ke dalam website melalui pencarian hasil organik, bukan dari iklan berbayar
  • Paid Search Traffic merupakan lalu lintas pengunjung yang masuk ke dalam website melalui pencarian berbayar
  • Backlink merupakan sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website anda yang dapat berfungsi sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekedar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih popular pada mesin mencari.
  • Display Advertising merupakan sebuah iklan bergambar pada internet dengan format visual seperti gambar ataupun video yang bertujuan untuk mengiklankan suatu produk atau layanan jasa.

Baca juga :

Lalu lintas pada website Panda bagian “Paid” dan “Display Adversiting” tidak ada tampilan informasi karena rencana pemasaran online tanpa menggunakan PPC.

Tampilan berikut ini merupakan daftar perolehan pengunjung dari daftar mesin pencari organik. Bagian “Top Organic Keywords” menampilkan 5 (lima) kata kunci teratas yang bertanggung jawab atas lalu lintas organik.

ke3

Di samping “Keywords” terdapat matrik penting yang mengukur dampaknya pada lalu lintas organik situs web :
  • Posisi : kolom posisi berisi peringkat Google saat ini untuk setiap kata kunci. Seperti yang tertera pada contoh diatas bahwa web Panda menempati peringkat nomor 9 (sembilan) untuk keywords “Sistem Informasi Desa”.
  • Volume : kolom volume berfungsi untuk mengetahui potensi lalu lintas keywords. Nilai yang tertera menunjukkan lalu lintas pencarian bulanan rata-rata yang menghasilkan setiap keywords.
  • BKP : nilai BKP menampilkan jumlah yang ingin terpakai oleh pengiklan untuk penempatan pencarian berbayar. Semakin tinggi nilai BKP, semakin menguntungkan keywords
  • Traffic % : volume pencarian bulanan keywords tidak menentukan jumlah lalu lintas yang terhubung ke situs. Keywords “Sistem Informasi Desa Online memperoleh 260 pencarian bulanan sama dengan “Aplikasi Panda” dan “Aplikasi Sistem Informasi”, tetapi hanya bertanggung jawab atas 4.16% dari traffic situs Panda . Sedangkan yang 2 lainnya bertanggung jawab atas 5.76%.

Jika ingin melihat daftar lengkap Top Organic Keywords, klik “View details”.  Maka akan muncul tampilan seperti berikut ini :

ke4

Berikut informasi menargetkan keywords yang sudah rangking. Pada laporan Organic Search Positions, tertera bahwa keywords “contoh website desa” berada di peringkat 9.

ranking

Meskipun keywords mendapatkan 320 pencarian per bulan, tetapi tidak mendapatkan bagian yang adil dari traffic %.

Baca juga :

Kembali ke halaman ikhtisar domain untuk memudahkan mencari lebih banyak keywords yang sudah anda rangking. “Organic Position Distribution” menampilkan semua keywords yang membawa lalu lintas ke situs hingga ke posisi 100.

ke6

Untuk daftar keywords halaman 3, klik “21-50”. Akan muncul pop-up yang memberitahu berapa posisi organic keywords dalam rentang itu. Seperti gambar berikut :

ke7

Item berikutnya yang ada dalam fitur analisis adalah “Main Organic Competitors” yang mengidentifikasi siapa pesaing organik teratas situs web Panda. Berikut adalah tampilan daftar situs web yang bersaing untuk mendapatkan kata kunci organik yang sama dengan website anda.

Pada bagian samping “Competitor” terdapat matrik untuk menampilkan angka.

  • Keywords merupakan singkatan dari kata kunci umum yang berarti istilah pencarian dan peringkat pesaing.
  • SE Keywords merupakan singkatan dari kata kunci mesin pencari yang berisi seluruh kumpulan kata kunci organik pesaing anda.

Jika ingin melihat data yang lebih lengkap anda dapat mengklik “View details”

ke9

Backlink

Profil backlink merupakan kumpulan tautan masuk yang anda terima dari situs lain. Untuk membangun profil backlink yang sehat membutuhkan strategi kata kunci seperti melalui postingan, mendapatkan kutipan, reklamasi tautan rusak dan sebagainya. Hal ini dapat meningkatkan potensi peringkat pada mesin pencari.

Berikut adalah tampilan profil backlink website Panda :

ke10

URL di sebelah kiri menunjukkan sumber link yang berisi link ke konten anda. Sedangkan sebelah kanan menunjukkan halaman yang tercantum tautannya.

Teks jangkar mengacu pada kata yang tercantumkan dengan hyperlink sebenarnya. Maka perhatikan teks tautan anda saat membuat tautan karena dapat membantu mesin pencari memahami relevansi konten website anda.

ke13

Seperti sebelumnya, jika ingin mengakses daftar lengkap tautan balik anda maka klik “View details”. Pada halaman laporan ini mencakup beberapa informasi penting terkait profil backlink seperti :

  • Referring Domains : jumlah total situs web yang menautkan ke konten anda. Sedangkan “Referring IPs” membantu Google mendeteksi praktik pembuatan tautan yang manipulatif dan terkait dengan lokasi situs tersebut.
  • Backlink Types : jenis tautan pada hyperlink ini yang tercantum pada website. Tautan dapat berupa teks, gambar, form, frame.
  • Link Attributes : menampilkan tautan “follow” untuk memberi tahu crawler mesin telusur untuk meneruskan “PageRank” ke halaman target, secara langsung mempengaruhi kelayakan peringkat. Kedua adalah tautan “Nofollow” untuk mencegah situs web memanfaatkan PageRank melalui komentar website dan kiriman tamu. Ada juga “Sponsored” dan “UGC”.

ke14

Ada beberapa manfaat menganalisis profil backlink, yaitu :
  • Menyingkirkan tautan mencurigakan dari pesaing.
  • Mengenali sumber tautan anda yang paling berharga.
  • Mengidentifikasi konten anda yang paling layak untuk tautan.
  • Dapat memata-matai profil backlink pesaing dan mengasimilasi sumber tautan mereka.
  • Temukan tautan rusak yang membutuhkan reklamasi.
Paid Search Traffic

Dalam bagian ini anda dapat melacak kinerja kampanye penelusuran berbayar yang sedang berjalan. Disini menampilkan 0%  di karenakan pada website Panda tidak menerapkan pencarian berbayar.

ke15

Menampilkan Iklan

Iklan pencarian berbayar dapat menempatkan anda di halaman hasil mesin pencari atau SERP. Iklan bergambar hanya akan muncul pada platform periklanan. Pada website Panda tidak mempunyai informasi tentang display advertising karena tidak melakukan periklanan berbayar berupa gambar maupun teks. Jika ingin mencoba iklan bergambar, tools ini dapat mengarahkan anda kearah yang benar.

ke16

Iklan teks dan gambar dapat terlihat di bagian bawah atau samping ikhtisar domain. Ini membantu mengamati dan meniru strategi periklanan tampilan pesaing utama anda.

 

 

4. SE Ranking

SE Ranking merupakan alat SEO profesional yang bertujuan untuk membantu pemasar dalam tugas penting mengoptimalkan website dan blog agar konten memiliki posisi peringkat yang baik di halaman hasil mesin pencari dan juga memberikan detail analisis pada website anda.

Berikut ini tutorial bagaimana mengecek populeritas website anda pada tools SE Ranking :
  1. Langkah pertama kunjungi website SE Ranking
  2. Salin link yang akan dicari informasinya pada kolom search Analyze. Disini saya menggunakan link website Panda

ke1

  1. Setelah beberapa saat akan memuat informasi website Anda. Tampilan SE Ranking tidak jauh berbeda dengan SEMRush. SE Ranking memberi analisis terperinci tentang situs web Anda, yang dapat membantu Anda memahami bagaimana peringkat website dengan baik dan apa yang perlu Anda lakukan untuk meningkatkan posisi situs web Anda di SERP.

Baca juga :

Setelah mengetikkan nama domain situs web Anda, Anda akan menemukan banyak informasi, yaitu seperti :

  • Perkiraan jumlah traffic yang diterima
  • Rangking kata kunci
  • Pesaing situs web serupa
  • Halaman peringkat teratas
  • Kata kunci yang mereka gunakan untuk iklan berbayar

Seperti yang tertera pada gambar berikut :

  • Domain trust : menampilan ranking domain kepercayaan Panda
  • Page trust : menampilkan ranking halaman kepercayaan Panda

ke2

Berikut adalah tampilan organic traffic :
  • Organic Traffic : Perkiraan jumlah lalu lintas pada website melalui pencarian hasil organik.
  • Keywords : jumlah kata kunci yang terdapat pada website melalui hasil pencarian organik.
  • Total Traffic Cost : biaya lalu lintas yang digunakan saat melakukan pencarian berbayar.

ke3Analysis (Organic Keywords)

Berikut adalah tampilan paid traffic :
  • Paid Traffic : Perkiraan jumlah lalu lintas yang terdapat pada website melalui perncarian berbayar.
  • Keywords : jumlah kata kunci yang terdapat pada website melalui hasil pencarian berbayar.
  • Total Traffic Cost : biaya lalu lintas yang digunakan saat melakukan pencarian berbayar.

ke4Analysis Paid Traffic

Baca juga :

  • Referring Domains : jumlah total situs web yang menautkan ke konten anda. Memiliki jumlah tautan 468 situs web yang menautkan konten id.
  • Backlinks : sebutan untuk menamai sebuah tautan/link yang mengarah ke website anda yang dapat bermanfaat sebagai rujukan untuk memudahkan pengguna atau sekedar untuk keperluan optimasi agar website kita lebih popular pada mesin mencari.

ke5

Backlinks
Berikut adalah tampilan backlink :

ke6Analysis Chart

ke7Analysis Chart Backlinks 

ke8 Chart Traffic Cost

 Chart Backlinks

 Berikut merupakan tampilan informasi tentang organic keywords :

Analysis Organic Keywords

Analisys Top-ranking pages and sub-domains

Baca juga :

Harus jelas bahwa ini semua adalah informasi yang sangat berharga yang dapat menginformasikan apa yang Anda lakukan untuk meningkatkan pengunjung ke situs web Anda sendiri. Misalnya, dengan menemukan kata kunci apa yang mereka targetkan untuk iklan organik dan berbayar bersama dengan perkiraan volume pencarian.

Anda dapat membuat keputusan tentang kata kunci mana yang akan tertaut pada situs web Anda sendiri dan memprioritaskannya sesuai dengan itu. Anda juga dapat mengidentifikasi halaman yang berperingkat baik untuk mereka dan kemudian menganalisisnya untuk melihat apakah Anda dapat memberikan nilai lebih.

Seperti tools ini, SE Ranking (atau perangkat lunak SEO lainnya) tidak dapat melakukan semua pekerjaan untuk Anda. Itu hanya memberikan informasi dan statistik. Apa yang Anda lakukan dengan informasi ini akan menentukan kesuksesan Anda

 

 

Sumber :

https://www.affde.com/id/semrush-review.html

SE Ranking Review 2021 – My Honest & In-depth Review