Pada tanggal 5 Maret 2022 Puskomedia telah menambahkan update pada Panda versi 3.1.0 berupa:

  1. QR Code untuk ID Card Pegawai
  2. Link Bio Pegawai
  3. Buku agenda surat masuk dan keluar
  4. Presensi berdasarkan lokasi
  5. Permohonan izin, sakit, cuti, dan dinas keluar pada Presensi Android

Adapun untuk penjelasan masing-masing fitur adalah sebagai berikut:

QR Code untuk ID Card Pegawai

Fitur ini memungkinkan untuk Pemerintah Desa / Kelurahan untuk membuat ID Card yang disertai dengan QRCode sebagai bukti keaslian pegawai. Fitur ini dapat diakses pada menu Profil > Pejabat / Perangkat

Untuk tahap awal, fitur ini hanya tersedia qr code saja. Sedangkan untuk kartu pegawai dibuat sendiri untuk bisa mengatur desain sesuka hati.

Link Bio Pegawai

Ini adalah fitur kelanjutan dari QR Code. Di dalamnya berisi tentang data pegawai, kontak dan media sosial, serta foto profil pegawai.

Link bio dapat diakses oleh publik dengan menggunakan url pada ID Card Pegawai.

Buku agenda surat masuk dan keluar

Fitur ini dihadirkan untuk menggantikan buku agenda surat masuk dan keluar yang masih menggunakan tulis tangan ke dalam digital. Selain digital, tentu dapat secara otomatis untuk menampilkan statistik ke website. Statistik ini sebagai bentuk transparansi publik, juga dapat digunakan untuk pengawasan kinerja pegawai Kantor Desa / Kelurahan.

Bagi desa yang sudah menggunakan fitur cetak layanan surat dari Panda, fitur surat keluar akan otomatis merekap data surat dari Panda, Pemerintah Desa/Kelurahan tinggal menambahkan data surat yang dibuat secara manual.

Presensi berdasarkan lokasi

Setelah melewati masa uji coba, Presensi kini sudah ditambahkan fitur lokasi. Fitur lokasi diperlukan agar pengguna tidak dapat scan QR Code presensi di sembarang tempat.

Pada fitur ini, terdapat beberapa poin yang perlu diperhatikan agar aplikasi dapat berjalan dengan baik dan lancar.

  • Mengaktifkan fitur lokasi di website dasbor admin presensi
  • Menambahkan titik-titik dimana perangkat desa / kelurahan dapat melakukan presensi. Misalkan di balai desa, balai dusun, dan lain sebagainya. Untuk lebih akurat, Anda bisa mendapatkan koordinat lokasi menggunakan bantuan google maps.
  • Menggunakan aplikasi android presensi Panda versi 2.1.1 atau update aplikasi tanggal 2 Maret 2022

Aplikasi Presensi mendeteksi lokasi terakhir smartphone Android Anda. Apabila belum terdeteksi berada di kantor desa, silakan membuka google maps dulu, lalu pastikan lokasi di google maps sudah sesuai

Silakan klik link di bawah ini untuk mendapatkan panduan cara menambahkan lokasi pada Presensi Panda.

Panduan menambahkan lokasi pada Presensi

Aplikasi Presensi Panda sudah dilengkapi dengan Anti Fake GPS, untuk itu jangan coba-coba untuk mencoba memalsukan lokasi Anda.

Permohonan izin, sakit, cuti, dan dinas keluar pada Presensi

Fitur ini merupakan alasan kuat kenapa kita harus menggunakan presensi berbasis Android dibandingkan Finger Print. Presensi Android memungkinkan Anda untuk melakukan permohonan izin tanpa harus datang ke lokasi.

Fitur ini sudah tersedia langsung melalui aplikasi Presensi di handphone Android Anda.