Kemunculan Panda SID yang sudah banyak digunakan oleh Desa-desa di seluruh Indonesia, menjadikan Puskomedia untuk terus melalukan pengembangan. Salah satu hasil dari pengembangan yang dilakukan adalah hadirnya Panda dalam versi andoid. Aplikasi dengan brand Panda-Smart Society bisa pembaca temukan di play store, ikhtiar ini dimaksudkan untuk mempermudah pelayanan dan akses informasi langsung dari genggaman Anda.

Sebagai testimoni, Patrik brand lokal pengguna Panda di Jayapura sudah launching Panda versi Android. Dengan kondisi tempat di Jayapura yang memiliki jarak cukup jauh, kehadiran Panda versi Android ini akan sangat membantu warga untuk memperoleh layanan yang disediakan oleh pemerintah Desa atau kelurahannya. Sehingga jarak tak lagi menjadi halangan untuk warga memperoleh pelayanan yang sama.

Sebagai salah satu perusahaan yang memiliki konsep pengusung society 5.0, masa depan baru Indonesia. Puskomedia menjadikan Panda sebagai produk kecerdasan Buatan (artificial intelligence) untuk membantu kehidupan manusia dalam memberikan pelayanan yang cepat, tepat dan akurat. Transformasi digital telah mengubah berbagai kebiasaan dan cara hidup masyarakat serta kalangan industri. Untuk itu Society 5.0 ada untuk mengintegrasikan antara kehidupan dunia nyata dengan dunia maya. Kemunculan Society 5.0 menggunakan kecerdasan buatan sebagai pendukung untuk menggunakan teknologi modern dengan manusia sebagai komponen utamanya. Dan Panda hadir sebagai jawaban atas tantangan zaman yang sudah mulai bermunculan.

Panda dalam versi android ini berfungsi untuk mengoptimalkan dalam menghubungkan berbagai elemen seperti warga, pemerintah serta berbagai pihak yang peduli terhadap Desa, dan semuanya terkoneksi dalam satu aplikasi. Sehingga keuntungan yang didapat adalah semua elemen masyrakat dapat update informasi secara real time dan menjadi alat penukar infomrasi dari lokal sampai dengan pusat.

Beberapa kemudahan lain yang dihadirkan oleh Panda versi android ini antara lain memberikan ketebukaan informasi terkait anggaran pembangunan, APBDes, dan laporan alokasi anggaran yang digunakan. Sehingga masyarakat bisa ikut serta mengawasi dan berpartisipasi dalam implementasi  pembangunan Desa.

Kemudahan selanjutnya adalah warga dengan mudah mengajukan perizinan kepada perangkat Desa yang terkait, tidak perlu datang dan menunggu lama, akan tetapi cukup lewat genggaman warga bisa dengan mudah order surat yang dibutuhkan. Perizinan bagi warga meliputi perizinan surat keterangan meninggal dunia, surat pengantar KTP, surat keterangan tidak mampu, surat kerangan usaha, surat keterangan ahli waris, surat keterangan N1-N6, surat biodata penduduk, surat keterangan pindah penduduk, surat keterangan catatan kepolisian, Surat keterangan KTP dalam proses, surat keterangan beda identitas, surat keterangan bepergian/jalan, surat pengantar izin keramaian, surat pengantar laporan kehilangan, surat keterangan domisili usaha, surat permohonan akta lahir, dan surat pernyataan permohonan akta lahir. Surat-surat yang telah disebut diatas dengan mudah bisa warga ajukan melalkui aplikasi Panda Android.

Dengan adanya regulasi kebijakan yang sudah cukup mendukung, seperti UU Desa. Disebutkan bahwa dalam undang-undang Desa bagian ketiga pasal 86 tentang Sistem Informasi Pembangunan Desa dan Pembangunan Kawasan Perdesaan. Mengisyaratkan, Desa berhak menyediakan serta mendapat akses sistem informasi untuk mengembangkan kehidupan sosial masyarakatnya. Oleh sebab itu guna membantu pembangunan agar bisa merata, opsi penggunaan Panda bisa menjadi solusi untuk ikut serta pemerintah dalam optimalisasi pembangunan daerah dari akar rumput hingga pucuk. Dan semua bisa kita lakukan dengan sama-sama saling bersinergi, bahwa perubahan besar di awali dari Desa. Dari Desa untuk Indonesia.