Sebagai Sistem Informasi yang berkomitmen untuk melakukan integrasi, kini Panda sudah bisa menampilkan gambar ke dalam aplikasi. Penambahan fitur ini bukanlah sembarang fitur, karena

Sebagai satu-satunya sistem informasi yang sudah siap dengan big data, Panda harus mempersiapkan berbagai kemungkinan seperti membengkaknya pemakaian server

Content Delivery Network

Content Delivery Network atau yang dikenal dengan CDN adalah teknologi yang memungkinkan untuk untuk menyimpan berkas ke dalam server berbeda-beda. Secara umum, CDN dikenal sebagai teknologi untuk mempercepat suatu website atau aplikasi.
Tujuan dari penempatan server berbeda ini adalah untuk mendekatkan lokasi penyimpanan kepada pengguna, sehingga dapat diakses lebih cepat. Sebagai contoh, pengguna Panda yang berasal dari Papua, penyimpanan gambarnya akan secara otomatis berada di data center Puskomedia yang berada di Makassar. Begitu juga dengan pengguna Panda yang berasal dari Aceh akan secara otomatis berkasnya disimpan di data center Medan.

Perencanaan data center puskomedia

Penambahan fitur CDN pada aplikasi Panda mengubah panda dari sistem konvensional menjadi sistem terdistribusi. Tentunya hal ini sebagai wujud komitmen Puskomedia dalam menyediakan layanan big data untuk desa. Penggunaan CDN ini sangat menguntungkan, mengingat Panda dapat membagi beban kerja saat melayani pengguna ke dalam banyak server. Sehingga tidak terjadi tumpukan di satu tempat saja dan semua layanan dapat diakses dengan baik oleh pengguna.

Secara teknis, pengguna layanan Panda tidak perlu melakukan apapun pada update fitur ini. Karena hal ini telah ditangani oleh tim Puskomedia.

Kompresi Gambar

Semua gambar yang diunggah ke dalam aplikasi Panda, akan secara otomatis diubah menjadi format .webp. Format .webp atau dibaca weppi merupakan singkatan dari web picture. Format ini dikembangkan oleh Google secara opensource untuk mengoptimalkan gambar agar ukurannya menjadi lebih kecil dan ringan. Saat tulisan ini ditulis, format ini telah bekerja di semua browser terbaru kecuali safari di Mac OS yang baru memberikan dukungan terbatas, untuk itu pastikan browser Anda telah diperbarui versinya.

Berikut ini adalah tabel perbandingan versi browser yang sudah mendukung format webp. Warna merah menujukkan versi yang belum mendukung. Sedangkan warna hijau menunjukkan versi yang sudah didukung.

Penyajian gambar dengan format webp selain untuk memperkecil ukuran gambar juga bertujuan antara lain:

  1. Mempercepat aplikasi dalam bekerja. Dengan semakin cepat aplikasi bekerja, maka target pelayanan publik prima tetap dapat terpenuhi.
  2. Menghemat kuota internet. Saat ini, banyak pengguna Panda masih menggunakan paket data internet. Semakin kecil gambar yang ditampilkan, maka akan semakin hemat kuota yang digunakan.
  3. Menghemat ruang penyimpanan gambar. Semakin kecil gambar yang disimpan, maka akan semakin banyak gambar yang dapat ditampung. Ini tentu saja sangat menguntungkan karena data terpadu penduduk dapat menyimpan banyak sekali gambar.

Kotak Masuk Terintegrasi

Sekarang, semua pesan yang dikirimkan melalui website Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten yang telah mengadaptasi teknologi Panda, akan secara otomatis masuk ke dasbor Panda atau versi lokal masing-masing. Penambahan fitur ini bertujuan untuk mempermudah memantau pesan yang dikirimkan oleh pengunjung website.

Secara bawaan, terdapat pesan tersebut memiliki label untuk mempermudah mengkategorikan pesan tersebut masuk ke golongan mana.

Fitur kotak masuk terintegrasi akan ditambahkan secara bertahap ke semua pengguna layanan Panda. Silakan hubungi pendamping puskomedia untuk mendapatkan fitur ini.

Formulir pesan di website desa.

Hasil formulir yang dikirimkan oleh pengunjung akan tampil di dasbor Panda pada menu Layanan > Pesan Masuk.

hasil pesan masuk yang dikirim pengunjung langsung masuk di dasbor desa

Penggunaan Kode QR (QR Code)

Penambahan QR Code di dalam aplikasi Panda bersifat eksperimental, artinya masih akan dikembangkan lebih lanjut. Saat ini fitur tersebut baru tersedia di dalam kartu keluarga. Anda dapat menemukannya saat mencetak kartu keluarga di menu keluarga.

Tanda tangan QR Code

Kedepan QR Code akan digunakan secara menyeluruh sepeti fitur pelaporan, surat, kartu keluarga dan dokumen yang ada di desa.