Sistem Informasi yaitu salah satu kunci penting dalam melakukan pelayanan publik bagi suatu lembaga atau instansi. Anda tidak bisa sembarangan membangun sistem atau menentukan pengembang aplikasi tersebut. Tidak hanya sekedar lolos secara administrasi, berikut ini adalah panduan-panduan yang perlu Anda perhatikan dalam menentukan sistem informasi pelayanan publik:

Jaminan layanan yang tercantum dalam syarat ketentuan dan kebijakan privasi

Syarat ketentuan layanan dan kebijakan privasi adalah penting sekali dalam menggunakan layanan. Anda bisa lihat di situs-situs besar pasti akan mencantumkan dua hal ini.

Baca juga : Kini, Permohonan Layanan Bisa Dilakukan Secara Online!

Di dalamnya berisi tentang jaminan yang akan Anda dapatkan, mulai dari keamanan, backup data, komitmen dari penyedia dalam memberikan dukungan. Fasilitas-fasilitas inilah yang sangat penting sekali Anda dapatkan agar menjaga layanan tetap prima.

Selanjutnya, jangan lupa perhatikan kebijakan privasi. Karena ini kaitannya dengan data pribadi dari pengguna pelayanan publik. Data-data ini sangat sensitif, kalau sampai bocor, bisa tersalahgunakan oleh pihak tidak bertanggungjawab.

Pusat Data yang mumpuni

Pusat data atau dengan nama lain data center tidak bisa tentukan secara sembarangan. Karena ini secara langsung berkaitan dengan keamanan secara operasional dan teknis. Pusat data yang baik, akan menentukan ketersediaan layanan kepada pengguna

Agar mencapai tujuan tersebut, setidaknya pusat data harus memiliki standar Tier 3, yaitu memiliki hanya waktu uptime 99,982 persen dalam satu tahun, artinya hanya 1,5 jam waktu toleransi data center tidak bisa diakses. Pusat data tier 3. Minimal memiliki dua sumber listrik untuk beroperasional, dan didukung juga dengan multi koneksi agar tetap dapat diakses kapanpun.

Lokasi data center harus di dalam negeri

Pusat data di dalam negeri adalah keharusan dari sebuah sistem informasi. Karena data yang Anda miliki bersifat rahasia. Ini tertuang dalam PP 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaran Sistem Transaksi Elektronik.

Data Anda itu sangat penting, kalau ditempatkan di luar negeri dan terjadi kebocoran data karena kesalahan penyedia data center, Anda akan kesulitan memperkarakan secara hukum.

Bandwith dari pusat data yang mumpuni\

Bandwidth adalah jumlah transfer data yang terhitung berdasarkan satuan waktu yaitu bit per second (bps). Jika bandwidth tidak ada di dalam internet yang kamu gunakan, maka sudah bisa memastikan kamu tidak akan masuk ke dunia maya. Bandwidth akan tersedia oleh perusahaan operator penyedia jaringan yang beroperasi di data center.

Baca juga : PuskoMedia Indonesia

 

X CLOSE
Advertisements
X CLOSE
Advertisements