Kenali lebih dekat dengan Desa

Desa? Apakah ada yang belum tahu desa itu apa?

Mari kita berkenalan dengan Desa. Desa memiliki beberapa artian, contohnya seperti suatu agregasi koloni di kawasan pedesaan. Desa merupakan pemberian kawasan manajerial di Indonesia dibawah kecamatan yang mengepalai oleh kepala desa ataupun kepala dusun. Desa sendiri terbentuk atas prakarsa beberapa kepala keluarga yang sudah bertempat tinggal menetap dengan memperhatikan asal-usul wilayah dan keadaan bahasa, adat, ekonomi, serta sosial budaya orang-orang setempat yang akhirnya terbentuklah desa.

Bersumber pada peraturan Undang- Undang Nomor. 6 tahun 2014, Desa merupakan kesatuan warga hukum yang memiliki batasan kawasan yang berhak buat mengelola serta melaksanakan aktivitas pemerintahan, kebutuhan warga dalam negeri bagi gagasan warga, kebebasan asal usul, serta kebebasan tradisional yang disegani dalam struktur pemerintahan Indonesia.

Desa memiliki beberapa ciri, antara lain: Masyarakat desa memiliki hubungan yang kuat dengan sekitarnya, Sebagian penduduk desa berjumlah kecil, Sistem perekonomian sebagian besar pertanian dan sebagian lagi perkebunan, Keadaan sangat berpengaruh terhadap waktu tanam petani. , prosedur-prosedur sosial lambat, dan secara umum di desa-desa pendidikannya rendah.

Desa juga memiliki beberapa fungsi, antara lain: desa sebagai tempat penyediaan kebutuhan kota, desa sebagai sumber pekerjaan bagi kota, desa sebagai mitra pembangunan kota, dan desa sebagai pusat pembangunan kota. bagian terkecil dari kota government di wilayah Indonesia. Untuk ikut mengimplementasikan Permendesa PDTT 13  Tahun 2020 Tentang SDGs, maka menjadi kewajiban bersama untuk ikut andil dan partisipasi dalam mewujudkan 18 indikator poin dari SDGs Desa.

Apa sih SDGs Desa itu?

Implementasi SDGs Global di Indonesia tertuang di dalam Perpres 59/ 2017 tentang Penerapan Tujuan Pembangunan Berkepanjangan. Perpres 59/ 2017, hingga disusun SDGs Desa. SDGs Desa berkontribusi cukup besar yaitu 74% pencapaian terhadap Tujuan Pembangunan Berkepanjangan.

SDGs (Sustainable Development Goals) Desa merupakan upaya terpadu untuk mewujudkan Desa tanpa kelaparan serta kemiskinan, Desa ekonomi tumbuh merata, Desa peduli kesehatan, Desa peduli lingkungan, Desa peduli pendidikan, Desa ramah perempuan, Desa berjejaring, dan Desa tanggap budaya untuk percepatan pencapaian Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Maksud dari pembangunan berkelanjutan yaitu pembangunan Desa untuk pemenuhan kebutuhan saat ini dilakukan tanpa mengorbankan pemenuhan kebutuhan generasi Desa di masa depan.

SDGs Desa merupakan role pembangunan berkelanjutan yang akan dimasukkan dalam program prioritas penggunaan dana desa pada tahun 2021. Menurut Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Nomor 13 Tahun 2020 mengenai Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2021, setidaknya terdapat 18 tujuan dan sasaran pembangunan melalui SDGs Desa, yaitu:

  1. Desa tanpa kemiskinan
  2. Desa tanpa kelaparan
  3. Desa sehat dan sejahtera
  4. Pendidikan desa berkualitas
  5. Keterlibatan perempuan desa
  6. Desa layak air bersih dan sanitasi
  7. Desa berenergi bersih dan terbarukan
  8. Pertumbuhan ekonomi desa merata
  9. Infrastruktur dan inovasi desa sesuai kebutuhan
  10. Desa tanpa kesenjangan
  11. Kawasan pemukiman desa aman dan nyaman
  12. Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan
  13. Desa tanggap perubahan iklim
  14. Desa peduli lingkungan laut
  15. Desa peduli lingkungan darat
  16. Desa damai berkeadilan
  17. Kemitraan untuk pembangunan desa
  18. Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Upaya pencapaian SDGs Desa dengan tujuan pembangunan desa yang berkelanjutan dalam situasi dan kondisi pandemi COVID-19 tidaklah mudah, oleh karena itu penggunaan dana desa tahun 2021 diutamakan untuk membiayai kegiatan guna mendukung pencapaian 10 SDGs Desa yang terkait. Terhadap kegiatan revitalisasi ekonomi nasional, program prioritas nasional dan adaptasi dengan rutinitas desa baru.

Berikut ini merupakan 10 SDGs Desa tersebut, yaitu:

  • Desa tanpa kemiskinan
  • Desa tanpa kelaparan
  • Desa sehat sejahtera
  • Keterlibatan perempuan desa
  • Desa berenergi bersih dan terbarukan
  • Pertumbuhan ekonomi desa merata
  • Konsumsi dan produksi desa sadar lingkungan
  • Desa damai berkeadilan
  • Kemitraan untuk pembangunan desa
  • Kelembagaan desa dinamis dan budaya desa adaptif

Sumber:

https://www.kompas.com/skola/read/2020/01/09/130000569/desa-definisi-dan-unsurnya